Wisata Gunung Sumbing

Diposting oleh Aditya Ragil on Rabu, 15 Oktober 2014

Keindahan alam di Indonesia sudah tidak bisa ditanyakan lagi, salah satu keindahan gunung-gunungnya. Salah satunya adalah Gunung Sumbing. Berdiri kokoh dengan ketinggian 3371 mdpl, yang berdampingan dengan Gunung Sindoro yang sering disebut dengan gunung kembar. Gunung tertinggi kedua setelah Gunung Slamet ini juga masih memiliki kawah yang aktif.

gunung sumbing


Letak dan Transportasi

Terletak dalam tiga kawasan kabupaten yaitu Kabupaten Wonosobo, Temanggung dan Magelang. Dengan jalur dari Garung, Cepit dan Bogowongso.

Yang paling banyak digunakan adalah jalur Garung, jalur ini yang paling mudah. Anda bisa berhenti di depan Gapuro Garung, tepatnya di Desa Butuh, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo. Jalan turunan ke arah Wonosobo, dari Temanggung. Untuk mencapai Basecamp Anda membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit untuk mencapainya atau dengan ojek dari Gapura.

Kiandahan Alam

Keindahan alam dari Gunung Sumbing tidak hanya indah dari bawah, tetapi keindahan juga terpancar saat Anda berada dipuncak.

Jalur yang bisa dilalui dari jalur Garung ada dua jalur, jalur lama dan jalur baru. Kedua jalur tidak begitu berbeda, hanya untuk yang jalur baru lebih mudah, nantinya akan bertemu di Peken Setan atau Pasar Setan. Normalnya butuh waktu 8 jam.

Awal perjalanan dari basecamp, awal pendaki akan melewati jalanan tanjakan dengan sekeliling penuh kebun sayur. Batas terletak pada jalur lama KM IV, dengan batas hutan dan kebun (Bosweisen) jalan berpasir dan dengan tanah liat.  Dan melewati dua bukit Genus dan Seduplak, sedang untuk jalur baru batas hutan hanya sampai KM III.

Terdapat 2 Pos, Pos 1 yang sebelumnya harus melewati sungai. Selanjutnya menuju Pos 2 (Gatakan 2240 mdpl). Pos ini biasanya digunakan untuk membangun tenda, sebab tempatnya yang realtif aman. Perjalanan dilanjutkan ke Pestan (2437 mdpl) dengan area luas dan terbuka. Disini bisa dengan mendirikan tenda, tetapi kurang aman karena sering ada badai besar.

Selanjutnya sampai di Pasar Watu dengan mengambil jalan kanan menurun ke kiri mengitari dinding batu yang terjal. Setelah itu pendaki sampai di Watu Kotak. Menurut masyarakat setempat, ada larangan untuk membuang hajat didaerah ini dipercaya daerah yang keramat. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Tanah Putih dengan dipenuhi batuan kapur yang mudah longsor. Puncak pertama (Puncak Buntu, 3362 mdpl) akan dicapai setelah melewati Tanah Putih dan puncak tertinggi adalah puncak Kawah pada ketinggian 3371 mdpl.

Puncak gunung ini memiliki pemadangan yang begitu indah dan menakjubkan dengan tebing-tebing yang terjal, dan kawah-kawah kecil yang masih aktif dan mengandung belerang.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar