Buah Carica dan Asal Muasalnya

Diposting oleh Aditya Ragil on Senin, 20 Oktober 2014

Buah carica merupakan golongan pepaya dengan nama latin Carica Pubescens. Tanaman ini berasal dari pegunungan Andes, Amerika Selatan kemudian menyebar ke berbagai wilayah Amerika Selatan, dan wilayah tropis lainnya. Salah satunya adalah di Indonesia pada masa penjajahan Belanda.

buah carica khas dieng


Indonesia, buah ini hanya tumbuh di dataran tinggi Dieng. Dengan kondisi tanah yang subur, curah hujan yang tinggi dan suhu yang dingin menjadikan tanaman carica ini bisa tumbuh dengan subur.

Suhu di Dieng yang mencapai 0 derajat celcius ini memang sangat cocok untuk pertumbuhannya. Buah ini berbeda dengan bentuk pepaya pada umumnya, buah ini lebih kecil, sekepalan orang dewasa. Getahnya kalau terkena tangan dapat tergores. Rasanya pun berbeda dengan pepaya pada umumnya, akan terasa asam, dan terasa manis disekitar selaput bijinya.

Biasanya masyrakat sekitar mengolah buah ini menjadi manisan carica. Buah carica di kupas, potong pisahkan dari bijinya, kemudian di iris-iris. Biji buah carica kemudian disaring dan direbus dengan tambahan gula tergantung selera dan tambah air. Buah carica yang sudah dalam keadaan kecil, cuci dan rebus sendiri. Matang, angkat dan tiriskan carica tersebut. Masukan ke gelas dan tambah air gula dan perasan biji carica tersebut. Manisan carica siap di makan. Akan terasa lebih nikmat bila disajikan dalam kondisi dingin.

Selain menyegarkan buah carica sangat baik untuk kesehatan. Kandungan yang terbanyak adalah enzim Papain, yang berguna untuk melancarkan proses pencernaan protein. Vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C dan vitamin E. Dan zat Agrinin yang dipercaya bisa menghambat tumbuhnya sel-sel kanker payudara.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

getahnya kalau terkena tangan bisa tergores itu maksudnya gimana ya??
waktu saya main ke Wisata Dieng Wonosobo cobain nih yang manis enak banget banget banget

Posting Komentar