Keunikan Tari Lengger

Diposting oleh Aditya Ragil on Minggu, 07 September 2014

Wonosobo merupakan kota dengan keindahan alam yang sangat mengagumkan dan masih terjaga alamnya. Saat Anda memasuki wilayah Wonosobo, disana akan langsung disuguhkan oleh pemandangan dua gunung berapi yang masih muda dan saling bersebrangan. Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

tari lengger


Selain itu Wonosobo juga terkenal dengan makanan khasnya serta wisata alamnya yang begitu eksotis. Tapi tahukah keragaman budaya apa saja yang ada di Wonosobo? Banyak kesenian khas Jawa yang ada di Wonosobo salah satunya adalah tari Lengger.

Lengger merupakan jarwo dhosok yang berarti leng seng gawe geger (lubang yang membuat geger).Makna dari leng juga sama bermaksud sebagai lubang, yang merupakan simbol alat kelamin wanita. Yang bisa dikatakan penari dengan usia muda menari dengan lengak lengok tubuh dan suara yang dipentaskan diatas panggung yang berpotensi meningkatkan birahi kaum adam.

Ada pula istilah lain dari tari Lengger ini, yaitu Ana Celeng Padha Geger. Hal ini berkaitan dengan wilayah Jawa yang bersifat agraris. Dalam kehidupan masyarakat tarian ini sangat berkaitan dengan kultur pertanian. Kata Ana Celeng Padha Geger bermula ada hama yang menyerang tanaman mereka, yang dimaksud adalah babi hutan, yang kemudian para petani melakukan bunyi-bunyian untuk mengusir hama tersebut.Dan kebiasaan ini berlanjut dengan bunyi tabuh-tabuhan yang kemudian diberi nama Lengger.

Tarian ini biasanya diiringi dengan alunan musik Krempyung, Ringgeng dan musik Calung. Awalnya tari Lengger dibawakan oleh laki-laki yang berdandan menjadi wanita. Tapi sekarang tarian ini dibawakan oleh wanita cantik, sedangkan laki-laki sebagai penghibur dengan membawa topeng karena tingkahnya yang lucu, dan muncul dipertengahan perpentasan.

Jumlah penari Lengger 2-4 orang yang berdandan cantik, dengan rambut yang disanggul, leher sampai bagian dada atas terbuka, sampur atau selendang biasanya dikalungkan dibahu, mengenakan kain/jarit dan stagen.



{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar